Selasa, Agustus 23, 2011

Sudahkah Anda menanam pohon hari ini?

Cinta Lingkungan tidak perlu dengan cara yang berlebihan dan banyak biaya. Salah satu hal sederhana dan mudah dipelajari khususnya bagi peserta didik adalah dengan menanam pohon. Aktivitas Ini diyakini dapat memunculkan kedekatan anak pada alam dan sejak dini mulai belajar untuk merawat dan mencintai bumi.

Mari kita ajarkan peserta didik kita untuk mencintai lingkungan melalui pendekatan pengalaman di lingkungan sekitar. Salah satunya adalah dengan cara menanam pohon demi mewujudkan lingkungan yang hijau, teduh, asri juga mengurangi efek pemanasan global yang dewasa ini sering kali diperbincangkan di tingkat akademisi, pakar bahkan dunia internasional.

Peserta didik kita pun harus diajarkan mengenal bibit tanaman sekaligus penjelasan tanaman apa yang akan mereka tanam, fungsinya apa. mengapa mereka menanam Itu sampai pada perawatan hingga tanaman Itu tumbuh. Peserta didik Juga harus dibiasakan menjaga kebersihan lingkungan mulai dari masih duduk di sekolah dasar. Sebab, jika sudah tertanam dengan baik pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, tentunya kondisi alam dan lingkungan akan terjaga dengan baik ke depannya.

Peserta didik Ibarat tanaman yang setelah melalui perawatan yang baik nantinya akan tumbuh besar dan baik pula. Untuk Itu, guru dan orang tua mengajarkan pentingnya menanam pohon dan menjaga kebersihan lingkungan serta merawat lingkungan sebagai cermin cinta akan lingkungan hidup.

Belajar di usia dini, merupakan saat yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat seperti halnya sikap hidup bersih dan mencintai lingkungan, salah satunya dengan budaya menciptakan lingkungan hijau dengan menanam pohon. Hal ini merupakan sikap / kegiatan yang terintegrasi dengan pendidikan karakter yang mulai tahun pelajaran 2011/2012 di sekolah mulai diberlakukan.


Oleh : Cepiana Abas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar